“BJ’KARINDING & PENTAS KREASI” KARANGTARUNA BUNAR MEKAR SALUYU

Berawal dari segelas kopi di salah satu kedai kopi yang berada di Jasinga Bogor yaitu RUANG NINYUH. Pada waktu itu kami(Bilik Jasinga)sedang ngopi sambil latihan santai KARINDINGAN, Tiba-tiba datang seorang kawan ke Ruang Ninyuh yang akhirnya kami memutuskan untuk ngopi bersama dalam satu meja.

Waktu berlalu dan akhirnya obrolan kita mulai berisi dan kopi pun mulai menyurut. Pada waktu itu pula kawan kami menawarkan event kepada kami untuk isi panggung dalam penampilan Musik Karinding/Musik Tradisional di event Pentas Kreasi Karangtaruna Bunar Mekar Saluyu(BMS).

Pada Awalnya kegiatan ini direncanakan untuk tanggal 31 Desember 2018, Namun H-7 Tiba surat Himbauan dari Bupati Bogor untuk tidak di Adakannya kegiatan acara seperti Musik dll. Mengingat negara kita masih dalam tahap berduka yang begitu dekatnya bencana di setiap daerah.

Pasca dari Info tersebut kemudian Panitia mengajak kami ngopi di Ruang Ninyuh Jasinga.
Pada waktu itu panitia menyampaikan info kepada kami bahwasannya event tersebut di rubah jadwalnya menjadi hari sabtu tanggal 05 Januari 2019, dan untuk tanggal 31 desember di adakan Istigosah bersama yang bertempat di balai desa Bunar.

Tiba saatnya untuk event ini pada sabtu 05 Januari 2019, Kami pun merapat ke lokasi acara sambil membawa seperangkat alat yang kita butuhkan yaitu antara lain Karinding – Suling – Jibbebbeub dan Gitar.
Setelah tiba dilokasi kami sempat tercengang lihat kerumunan orang-Orang di sebuah lapangan, kami lihat-lihat ternyata ini lokasi tujuan kita, sungguh sangat antusias masyarakat sekitar atas kegiatan tersebut.
kami mulai memasuki area tersebut berjalan sambil di perhatikan banyak orang mungkin mereka aneh dengan apa yang kami bawa (Seperangkat Bambu).
Hingga kami di sambut dengan sangat hangat dan baik oleh panitia, sungguh inilah yang dinamakan kasih sayang walaupun tak saling mengenal satu sama lain.

Tiba lah waktunya kegiatan ini dimulai dengan diawalinya sambutan – sambutan dan di hadiri oleh : Kapolsek Cigudedg, Kades, Ketua Pemuda, Ket karang taruna Bunar Mekar Saluyu(BMS).
Dalam acara ini bertujuan untuk menampilkan bakat-bakat masyarakat bunar khususnya dalam berkesenian baik modern maupun tradisional, dengan harapan mampu mengembangkan terus setiap bakat masing-masing.

Tiba saatnya kami(Bilik Jasinga) dipanggil ke atas panggung, kami siapkan posisi dan kelengkapan alat,
Setelah selesai kami langsung mulai dengan Karinding salam bubuka, pada awalnya masyarakat masih pada bengong “Mungkin ga tau apa yang kami mainkan” setelah masuk pertengahan mulailah masyarakat mengerti ternyata bambu-bambu itu sebuah alat musik dan mereka mulai menikmati lantunan karinding yang kami padukan pada sebuah syair yang berisikan tentang macam macam makanan budaya Heubeul(Jadul), dan mulai kami ajak bernyanyi bersama untuk menyanyikan lagu Nasional TANAH AIR yang di iringi musik Karindingan.

Kami sungguh terharu dan bangga atas usaha dan kerja keras teman-teman dari BMS yang sudah memperjuangkan kegiatan tersebut untuk memfasilitasi masyarakat bunar dalam menampilkan bakat-bakatnya, Bermacam-macam bakat dari usia dini sampai dewasa ikut di tampilkan dalam satu panggung tersebut. Antara lain Tari moderen dan tradisional, Akustik, Stand up Comedy, Karaoke, Dan tambahan dari kami yaitu Musik Karinding.

Kembangkan terus kreatifitas berkarya
Apapun itu bentuknya
Seni itu sebuah kebebasan
Kebebasan itu di dasari dengan tekad
Tekad itu di kontrol oleh tanggung jawab.
Tanggung jawab itu kunci kesuksesan.

Terimakasih atas segalanya, Setiap tujuan pasti ada sebuah proses. Dengan cara apa kita menghadapi prosesnya ? Yakin dan Rajin.

Bilik Jasinga & Bunar Cigudeg, Bogor Indonesia

2 thoughts on ““BJ’KARINDING & PENTAS KREASI” KARANGTARUNA BUNAR MEKAR SALUYU”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *